Jawaban UAS Komputer dan Masyarakat 2017
Jawaban UAS
Komputer dan Masyarakat
- Pemerintah pada dasarnya adalah pelayan masyarakat yang selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanannya dari waktu ke waktu. Pemerintah di negara manapun di dunia ini, merupakan administrator data yang besar. Data merupakan salah satu bagian yang amat penting dalam administrasi pemerintahan. Lancarnya pelayanan amat tergantung dari kelengkapan data. Berbagai jenis data seperti data kependudukan, perdagangan, kesehatan, industri, pegawai negeri, angkatan bersenjata, dll membuat pemerintah merupakan pemakai komputer terbesar. Berbagai jenis komputer digunakan untuk menunjang administasi pemerintahan.
Bagaimana jika sistem pemerintahan tidak menggunakan Sistem Informasi menggunakan komputer?Banyak hal yang menjadi kerugian jika tidak menggunakan komputerisasi dalam Pemerintahan, diantaranya:· Waktu· Ruang· Tenaga· Keamanan/Kerahasiaan
Selain itu, dengan minimnya penerapan sistem informasi dalam sebuah pemerintahan dapat menjadikan pemerintahan tersebut stagnan dan tidak berkembang. Pemerintah yang baik biasanya menggunakan prinsip E-Government dalam melayani masyarakat. Untuk menciptakan Pemerintahan yang Transparan yang menyajikan data dan fakta yang aktual, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Pemerintah. Dengan begitu, pengolahan data, penyimpanan arsip dan segala macam kebutuhan pemerintahan lainnya lebih baikmenggunakan sistem informasi yang up-to-date untukmeningkatkan pelayanan dan tujuan pemerintahan dapat tercapai.
Sistem Informasi merupakan bagian penting dalam berjalannya sebuah pemerintahan.Pelatihan Komputer Pegawai Pemerintahan
Komputer dan Pemerintah Sumber : https://afganjar.files.wordpress.com/2014/03/modul-5-komputer-dalam-pemerintahan.pdf
http://nasional.indopos.co.id/read/2016/12/13/78311/Pemerintah-Gelontorkan-Rp-265-Miliar-untuk-Komputer - Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran.Menurut Rosenberg :1) dari pelatihan ke penampilan2) dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja3) dari kertas ke “on line” atau saluran4) fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja5) dari waktu siklus ke waktu nyata.
Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dan sebagainya. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut. Guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa. Demikian pula siswa dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya dengan menggunakan komputer atau internet.Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet. Istilah lain yang makin poluper saat ini ialah e-learning yaitu suatu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet. e-learning merupakan satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas yang belandaskan tiga kriteria yaitu:1. e-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan, mendistribusi dan membagi materi ajar atau informasi,2. pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan menggunakan teknologi internet yang standar,3. memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran di balik paradigma pembelajaran tradisional.Komputer dan Pendidikan Sumber: http://togaparuhum.blogspot.co.id/2013/05/blog-post_13.htmlDengan berkembangnya Teknologi Informasi, metode pembelajaran semakin beraneka macam,dengan menyajikan contoh-contoh yang nyata dapat mampu memberikan informasi secara maksimal kepada para murid.Pemanfaatan Sistem Informasi dan Teknologinya, harus dapat dijadikan sebagai jembatan untuk kemajuan dalam pendidikan, demi terciptanya murid yang cerdas dan guru teladan yang bijaksana.Sistem Informasi dan pemanfaatan Teknologi harus berjalan seirama, sehingga apa yang menjadi cita cita bangsa Indonesia mengenai " mencerdaskan kehidupan bangsa", dapat tercapai, sehingga apa yang ada dalam sila ke 5 "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia ". Dengan pendidikan yang baik, dipercaya dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Contoh UI Windows User Interface
Antarmuka pengguna untuk industri gula dengan menggunakan pushbottonAntarmuka pengguna, dalam bidang desain industri interaksi manusia-mesin, adalah sebuah tempat di mana interaksi antara manusia dan mesin terjadi. Tujuan dari interaksi antara manusia dan mesin pada antarmuka pengguna adalah pengoperasian dan kontrol mesin yang efektif, dan umpan balik dari mesin yang membantu operator dalam membuat keputusan operasional. Contoh-contoh dari konsep luas antarmuka pengguna ini termasuk aspek-aspek interaktif dari sistem operasi komputer, alat-alat, kontrol operator mesin berat, dan kontrol proses. Pertimbangan desain berlaku ketika membuat antarmuka pengguna yang berkaitan atau melibatkan disiplin-disiplin ilmu sepertiergonomi dan psikologiSebuah antarmuka pengguna adalah sistem di mana pengguna berinteraksi dengan mesin. Antarmuka pengguna mencakup perangkat keras dan perangkat lunak. Antarmuka pengguna hadir untuk berbagai sistem, dan menyediakan cara untuk:· Input, memungkinkan pengguna untuk memanipulasi sebuah sistem· Output, memungkinkan sistem untuk menunjukan efek dari manipulasi penggunaSecara umum, tujuan dari teknik interaksi manusia-mesin adalah untuk menghasilkan sebuah antarmuka pengguna yang membuatnya mudah, efisien, dan menyenangkan untuk mengoperasikan sebuah mesin dengan cara yang menghasilkan hasil yang diinginkan. Ini biasanya berarti bahwa operator harus menyediakan input minimal untuk mencapai output yang diharapkan, dan juga bahwa mesin harus meminimalkan output yang tidak diinginkan.Peranan Manusia dalam Keilmuan lain Selain InformatikaDalam setiap kebudayaan selalu terdapat ilmu pengetahuan atau sains dan teknologi, yang digunakan sebagai acuan untuk menginterpretasikan dan memahami lingkungan beserta isinya, serta digunakan sebagai alat untuk mengeksploitasi, mengolah dan memanfaatkannya untuk pemenuhan kebutuhan-kebutuhan manusia. Sains dan tekhnologi dapat berkembang melalui kreativitas penemuan (discovery), penciptaan (invention), melalui berbagai bentuk inovasi dan rekayasa. Kegunaan nyata IPTEK bagi manusia sangat tergantung dari nilai, moral, norma dan hukum yang mendasarinya. IPTEK tanpa nilai sangat berbahaya dan manusia tanpa IPTEK mencermikan keterbelakangan.Sains atau ilmu pengetahuan alam adalah istilah yang digunakan yang merujuk pada rumpun ilmu di mana obyeknya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapan pun dan di mana pun.Ilmu sosial atau ilmu pengetahuan sosial adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya.Sains dan Teknologi informasi Ilmu tanpa agama ibarat pohon yang tak berbuah, begitupun ilmu seberapa besar ilmu kita tapi kita tidak punya keyakinan kuat , ilmu tersebut akan terbuang sia- sia.Sumber :· http://mbahenni.blogspot.co.id/· https://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_sosial· https://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_terapan· https://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_alam· http://shafiyyah.blog.uns.ac.id/2009/06/30/manusiasainsdanteknologi/
https://id.wikipedia.org/wiki/Antarmuka_pengguna- . Etika dalam menggunakan komputer dari cyber world ethics (“The Ten Commandment of Computer Ethics”) :1. Jangan menggunakan komputer untuk menyakiti, berbohong dan merugikan orang lainDalam menggunakan komputer kita tidak boleh merugikan orang lain, misalnya menggunakan komputer untuk membobol sebuah bank, menggunakan komputer untuk membuat virus, menggunakan komputer untuk merusak sistem keamanan seseorang. Selain itu, penggunaan komputer juga bukan untuk menyakiti orang lain, misalnya di fiture facebook maupun twitter `tidak untuk menyakiti atau menghina-hina orang lain2. Jangan melanggar atau mengganggu hak atau karya komputer orang lainBagi pengguna komputer,diharapkan jangan mengganggu dan menggunakan komputer untuk mengganggu hak-hak orang lain,seperti melakukan pembajakan terhadap karya orang lain,meginstal sebuah program yang tidak legal. Kegiatan ini biasa dilakukan oleh para Cracker dan Hacker yang tidak bertanggung jawab.3. Jangan memata-matai file-file yang bukan haknyaMemata-matai,mengintai dan mengambil data milik orang lain yang bukan haknya,sebaiknya hal tersebut tidak dilakukan oleh penggun komputer karna sangat merugikan orang lain dan kegiatan ini biasa dilakukan oleh para Cracker dan Hacker yang tidak bertanggung jawab.4. Jangan menggunakan komputer untuk mencuriIni biasa digunakan oleh perampok-perampok dan pencuri yang biasa menggunakan komputer untuk membobol sistem keamanan sebuah bank,dan digunakan oleh para teroris untuk mencari dana dengan membobol identitas pribadi targetnya.5. Jangan menggunakan komputer untuk memberikan kesaksian palsuMenggunakan komputer untuk menyebarkan berita-berita palsu dan berkebalikan dengan fakta,serta mengumbar informasi tentang seseorang yang semuanya berupa kebohongan,dan cenderung kepada pelanggaran hukum yaitu merusak nama baik seseorang.6. Jangan menduplikasi atau menggunakan software tanpa membayarIni yang biasa dilakukan masyarakat awam yang biasanya dengan tampang tidak berdosa menduplikasi software atau data seseorang tanpa mencantumkan sumber yang dia ambil7. Jangan menggunakan sumberdaya komputer orang lain tanpa sepengetahuan yang bersangkutanApabila kita ingin membuka computer orang lain,kita diharapkan meminta izin dari empunya terlebih dahulu.8. Jangan mencuri kekayaan intelektual orang lainIni seperti menduplikatkan sebuah software lalu memperbanyaknya dan kemudian di komersialkan9. Pertimbangkan konsekuensi dari program yang dibuat atau sistem komputer yang dirancangDalam membuat sebuah program hendaknya kita menilai sisi positif dan negatifnya,apabila program yang kita buat lebih banyak dampak buruknya lebih baik kita menghentikan membuat program itu.10. Selalu mempertimbangkan dan menaruh respek terhadap sesama saat menggunakan komputerDalam menggunakan komputer kita harus mempertimbangkan setiap sisi baik buruknya,jangan sampai kita merugikan pihak lain.
Sumber : http://etikaprofesikelompok20.blogspot.co.id/2016/05/10-kode-etik-dalam-menggunakan-komputer.htmlUntuk itu, setiap orang yang menggunakan komputer harus tahu dan menjalankan kode etik ini dengan baik. Supaya tidak ada yang dirugikan, menjadi korban atau pelaku masalahnya adalah apakah penggunanya mentaati kode etik atau tidak.Alasan Komputer dianggap berbahaya :· Banyaknya yang menggunakannya untuk keperluan negatif· Minimnya edukasi tentang pemanfaatan teknologi· Adanya korban nyata di lingkungan masyarakat tersebut· Kurang percaya terhadap sistem informasi· Masyarakat yang belum tahu adanya fitur parental control dalam sistem informasi· Menganggap hal yang tidak berbahaya dianggap berbahaya, misalnya bermain game dianggap negatif, di belahan dunia lain game merupakan ajang olahraga elektronik.
Komentar
Posting Komentar